RSS

Senin, 29 Juni 2015

RPP IPA BERBASIS SETS



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                   : SMP
Mata Pelajaran        : IPA Terpadu
Kelas / Semester     : VII/ I
Topik                      : Klasifikasi Makhluk Hidup
Sub topik               : Klasifikasi Mikroskopis dan Jamur
Alokasi waktu        : 2 JP

A.  Kompetensi Inti
KI.1.  Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI.2.  Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.

KI.3.  Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI.4.  Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.   Kompetensi Dasar
1.1.       Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
2.1         Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki sikap peduli lingkungan dan tanggungjawab) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
2.1.       Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan.
3.3.       Memahami prosedur pengklasifikasian makluk hidup dan benda-benda tak hidup sebagai bagian kerja ilmiah, serta mengklasikan berbagai makluk hidup dan benda-benda tak hidup berdasarkan ciri yang diamati
4.3         Mengumpulkan data dan melakukan klasifikasi terhadap benda-benda, tumbuhan,dan   hewan yang ada disekitar lingkungan.

C.   Indikator
1.1.1   Bersyukur atas nikmat dan karunia Tuhan Yang Maha Esa.
2.1.1   Memiliki sikap peduli lingkungan dan tanggungjawab dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
2.2.1   Bekerja sama secara kelompok dalam membuat tugas dan melaporkan hasilnya.
2.2.2   Menghargai pendapat teman ketika kerja kelompok dalam melakukan percobaan dan melaporkan hasilnya
3.3.1   Menjelaskan tentang kelompok makhluk hidup yang berukuran kecil beserta jenis-jenisnya yang terdapat di dalam lingkungan (sains)
3.3.2   Menyebutkan alat teknologi yang dikembangkan untuk mengamati makhluk hidup yang berukuran kecil (teknologi)
3.3.3   Menjelaskan contoh kegiatan manusia yang menggunakan teknologi dengan memanfaatkan bakteri (masyarakat)
3.3.4   Menganalisis pengaruh bakteri dalam lingkungan yang bermanfaat bagi kehidupan manusia (lingkungan)
3.3.5   Menjelaskan hubungan sains, teknologi, lingkungan dan masyarakat dalam pemanfaatan bakteri.
4.3.1    Membuat produk yang memanfaatkan bakteri/jamur yang bermanfaat untuk masyarakat
4.3.2    Menyajikan laporan tentang hasil pengamatan mikroorganisme dan mencari hubungan penggunaan bakteri/jamur dalam bidang teknologi, lingkungan dan masyarakat.

D.  Tujuan Pembelajaran
1.        Melalui gambar, siswa dapat mengamati dan memahami tentang kelompok mikroorganisme beserta jenis-jenisnya yang terdapat didalam lingkungan dengan cermat.
2.        Melalui tanya jawab, siswa dapat menyebutkan alat teknologi yang digunakan untuk mengamati makhluk hidup yang berukuran kecil dengan tepat
3.        Melalui video, siswa dapat menjelaskan contoh kegiatan manusia yang menggunakan teknologi dengan memanfaatkan bakteri/jamur minimal dua contoh.
4.        Melalui video, siswa dapat menganalisis pengaruh bakteri dalam lingkungan yang bermanfaat bagi kehidupan manusia
5.        Melalui diagram SETS, siswa dapat membuat hubungan sains, teknologi, lingkungan dan masyarakat dalam pemanfaatan bakteri.
6.        Melalui kegiatan praktikum, siswa dapat membuat produk yang memanfaatkan bakteri/jamur yang bermanfaat untuk masyarakat dengan baik
7.        Melalui kegiatan diskusi kelompok, siswa dapat menyajikan laporan tentang hasil pengamatan mikroorganisme dan mencari hubungan penggunaan jamur dalam bidang teknologi, lingkungan dan masyarakat dengan tepat.

E.   Materi Pembelajaran
1.                 Sains
Monera adalah makhluk hidup yang terdiri atas satu sel (unisel), tidak memiliki membran inti sel (prokariotik), memiliki nukleoid dan belum memiliki organel bermembran. Protista merupakan makhluk hidup yang memiliki membran inti (eukariotik) dan bersel tunggal. Jamur (Fungi) tidak berklorofil, berspora, tidak mempunyai akar, batang dan daun, hidup di tempat yang lembab, bersifat saprofit dan parasit. (buku siswa kurikulum 2013 hal 57-65).
2.              Teknologi
Mikroskop adalah salah satu alat teknologi yang dapat digunakan untuk melihat mikroorganisme yang tidak dapat dilihat oleh mata telanjang. Bagian-bagian mikroskop terdiri dari lensa okuler, lensa objektif, diagfragma, tabung mikroskop, meja preparat, penjepit objek, lengan mikroskop, pemutar halus, pemutar kasar, kondensor, dan kaki mikroskop
Bakteri atau jamur dapat diolah dalam bidang teknologi pangan ataupun kesehatan dengan bantuan teknologi. Misalnya seperti bakteri Saccharomyces cereviceae (pembuatan roti), Lactobacillus sp. (pembuatan susu, yoghurt dan keju), Acetobacter xylinum (pembuatan nata de coco), Streptococcus griceus (antibiotik), pembuatan insulin dan obat-obatan lainnya (buku guru kurikulum 2013 hal 75-83)
3.               Masyarakat
Bakteri memiliki peran yang dapat bermanfaat dan juga merugikan masyarakat. Sebagai contoh, bakteri Saccharomyces yang dapat dimanfaatkan untuk mengubah air cuka menjadi alkohol. Namun, apabila alkohol dikonsumsi dalam jumlah banyak maka dapat berdampak pada kehidupan sosial masyarakatnya seperti banyak terjadi kejahatan dan kekerasan (http://id.wikipedia.org/wiki/Bakteri)
4.               Lingkungan 
                 Bakteri juga memiliki pengaruh dalam lingkungan seperti bakteri saprofit, bakteri kemolitotrof, bakteri metanogen, bakteri nitrifikasi. Dalam bidang pertanian, nitrifikasi sangat menguntungkan karena menghasilkan senyawa nitrat yang diperlukan oleh tanaman. Namun, N2O yang dihasilkan pada reaksi denitrifikasi dapat menyebabkan terjadinya hujan asam dan rusaknya ozon. (http://id.wikipedia.org/wiki/Bakteri)

Keterkaitan antar unsur SETS dalam tema klasifikasi mikroskopis dan jamur


F.   Metode Pembelajaran
1.  Pendekatan                    :  Scientific bervisi SETS
     2.  Metode                          :  Diskusi, Eksperimen
     3.  Model Pembelajaran      : Project Based Learning


G. Langkah-Langkah Pembelajaran

Kegiatan
Langkah-langkah Model Project BL
Deskripsi kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan
Penentuan Masalah
-      Guru memberi salam pada siswa
-  Siswa memimpin doa sebelum proses pembelajaran dimulai
-       Guru mendata kehadiran siswa
-   Guru memberikan ice breaking kepada siswa dengan megajak siswa untuk melakukan gerakan “zero five ten”
-       Apersepsi :
· Guru mengulas tentang materi sebelumnya yaitu tentang bentuk-bentuk bakteri
·      Guru memberikan pertanyaan:
“Bagaimana peranan mikroorganisme tersebut dalam bidang teknologi, lingkungan dan masyarakat?” (menanya)
·     Guru memperlihatkan gambar tempe, roti, keju, yoghurt, dll  (mengamati)
·      Guru menyuruh siswa untuk membuat pertanyaan sesuai dengan gambar-gambar yang diperlihatkan (menanya)
-     Motivasi:
·   “Pernahkah kalian memakan makanan tersebut?” (menanya)
·    Mengapa kacang kedelai bisa berubah menjadi tempe?” (menanya)
·   Guru memberikan pertanyaan “Tahukah kalian bahwa produk-produk makanan tersebut dibuat dengan bantuan mikroorganisme?”
·   Guru menayangkan salah satu proses pembuatan makanan tersebut yaitu pembuatan tempe
-       Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
10 menit
Kegiatan Inti
Menyusun Perencanaan Proyek

-  Guru menjelaskan salah satu contoh kegiatan manusia yang memanfaatkan bakteri (misalnya pembuatan roti, tape, keju, nata de coco, dll) (mengolah informasi)
-     Siswa dibimbing oleh guru untuk duduk secara berkelompok sesuai dengan kelompok yang sudah dibagi pada pertemuan sebelumnya (mencoba)
-   Siswa mencermati lembar kerja siswa pembuatan tape yang dibagikan oleh guru (mengamati, menalar)
-       Siswa dibimbing oleh guru membuat tape secara berkelompok (mencoba)
60 menit
Menyusun Jadwal

-         Siswa dibimbing oleh guru untuk menentukan waktu pengamatan dalam proses pemeraman tape sekitar 3 hari kedepan (mencoba, menalar)
Menyelesaikan  proyek dan Monitoring
-       Siswa melakukan pengamatan sebelum diberi ragi dan akan melakukan pengamatan kembali dalam waktu 3 hari (mencoba, mengamati)
-       Siswa mengisi hasil pengamatan pada tabel pengamatan sebelum diberi ragi (mencoba, menalar)
-       Guru memonitor proses pengamatan (mencoba, mengamati)
Penyusunan laporan dan presentasi
-       Siswa mempresentasikan hasil diskusi didepan kelas (mengkomunikasikan)
Evaluasi Pengalaman
-       Guru memberikan artikel tentang isu-isu yang terjadi di masyarakat yang berhubugan dengan peranan bakteri yang menyebabkan penyakit
-       Siswa maju kedepan untuk meceritakan isi artikel tersebut (mengolah informasi, mengkomunikasikan)
-       Siswa melihat video tentang biogas dan kompos yang ditampilkan oleh guru (mengamati)
-       Siswa memberikan pendapat/pertanyaan tentang video tersebut. (bertanya, mengolah informasi)
-       Siswa membuat kesimpulan dengan membuat diagram SETS tentang hubungan mikroorganisme dalam bidang teknologi, lingkungan dan masyarakat (mengolah informasi)

Penutup

-     Siswa dan guru mereview hasil kegiatan pembelajaran
-     Siswa membuat refleksi tentang apa yang telah dipelajari dengan menuliskannya pada selembar kertas yang diberikan oleh guru.
-     Siswa mendapat tugas untuk menyelesaikan membuat laporan tentang percobaan tape
-     Guru mengucapkan salam untuk mengakhiri proses pembelajaran
10 menit


H.   Media dan Sumber Pembelajaran
1.    Media
a)    Laptop dan LCD
b)   Alat percobaan pembuatan tape seperti beras ketan, ragi, daun dll
c)    Gambar-gambar teknologi pangan
d)   Video pembuatan tempe, insulin, biogas dan kompos

2.    Sumber Belajar
a)    Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Buku Siswa Ilmu Pengetahuan Alam SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Puskurbuk, Balitbang.
b)   Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Buku Guru Ilmu Pengetahuan Alam SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Puskurbuk, Balitbang.


I.      Penilaian
Teknik Penilaian dan Bentuk Instrumen
No.
Teknik
Bentuk Instrumen
1
Pengamatan Sikap Spiritual
Lembar pengamatan sikap spiritual
2
Pengamatan Sikap Ilmiah
Lembar pengamatan sikap ilmiah
3
Tes Tulis
Lembar Soal
4
Keterampilan
Lembar penilaian laporan
Lembar penilaian produk

............. ,   ..................
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                               Guru Mata Pelajaran,


........................                                                                                                Ratna Prasetyowati




 

1 komentar:

Unknown mengatakan...

If you're trying to lose weight then you certainly have to jump on this brand new tailor-made keto meal plan.

To create this service, licenced nutritionists, personal trainers, and chefs have united to produce keto meal plans that are powerful, suitable, money-efficient, and satisfying.

Since their first launch in January 2019, 1000's of individuals have already transformed their body and well-being with the benefits a professional keto meal plan can provide.

Speaking of benefits; clicking this link, you'll discover 8 scientifically-confirmed ones offered by the keto meal plan.

Posting Komentar